Rss Feed Facebook Twitter Google Plus
Nikmatilah setiap detik anda membaca ARTIKEL, PUISI, HUMOR, CEPEN dan yang lainnya, semoga bermanfaat dan bisa menjadi motivasi anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Amin.

post:


Minggu, 08 Desember 2013

5 Tipe Mahasiswa




Sumber Gambar; citizenimages.kompas.com



Mahasiswa adalah salah satu pengawal dan pengontrol perubahan yang terjadi, baik itu sebagai pendobrak kebijakan yang tidak sesuai atau tidak pro-rakyat, bahkan sebagai garda depan dalam menyuarakan aspirasi rakyat. namun tipe mahasiswa seperti apakah anda? Ini adalah pertanyaan yang sederhana, namun bisa menjadi salah satu untuk introspek diri, kalo dalam bahasa pergerakan adalah ‘analisis diri’. Berdasarkan pengalaman saya pribadi sebagai seorang mahasiswa, saya mencoba membagi mahasiswa menjadi lima (5) tipe. Namun yang perlu diketahui bahwa hal ini mungkin tidak sesuai dengan paradigma anda, bahkan jauh dari bayangan anda sendiri. Sehingga…, saya tekankan lagi bahwa inilah gambaran saya pribadi tentang mahasiswa pada zaman saat ini. Kelima tipe tersebut adalah;

Mahasiswa tipe 1   : Mahasiswa yang dikatakan oleh banyak mahasiswa bahwa dia adalah seorang mahasiswa yang cerdas, selain akademisnya luar biasa, tipe ini juga tak pernah luput dari buku. Bahkan didalam berorganisasi, sangat diakui sebagai seorang mahasiswa yang memiliki kecakapan berkomunikasi. Wisuda tidak menjadi masalah, yang penting sesuai dengan standar, minimal 8 atau 9 semester, tipe ini biasanya disukai oleh pihak akademik. Karena selain nilainya bagus, juga komunikasinya luas.

Mahasiswa tipe 2   : Mahasiswa yang dikatakan oleh banyak mahasiswa bahwa dia adalah seorang mahasiswa yang cerdas, suka baca buku, namun tidak terlau suka berorganisasi. Sehingga tujuan utamanya adalah wisuda dengan cepat dengan IPK yang luar biasa, agar bisa dengan cepat menggapai masa depan yang lebih baik, alias sesegera mungkin bisa mendapatkan pekerjaan. Tipe ini biasanya juga disukai oleh pihak akademik.

Mahasiswa tipe 3   : Mahasiswa yang dikatakan oleh sebagian mahasiswa bahwa dia adalah seorang mahasiswa yang tidak terlalu cerdas, tidak terlalu suka baca buku alias membaca buku merupakan bukan kebutuhan mendasar, namun pengalaman dalam berorganisasi adalah hal utama. Sehingga dalam beroragnisasi menjadi salah satu mahasiswa yang diperhitungkan, tidak dianggap remeh oleh temen-temen organisasi lainnya. biasanya tipe mahasiswa yang ketiga inilah yang sering menjadi garda depan dalam berorasi (demo). Terkadang sebagian tipe ini, nilai akademiknya bagus, namun, ada juga yang dibawah standar.

Mahasiswa tipe 4   : Mahasiswa tipe ini adalah mahasiswa yang peduli akan nilai akademik dan peduli akan organisasi. Namun  kepeduliaanya tersebut tidak dijadikan sebagai motivasi dalam belajar atau jarang membaca buku. Semua hal tersebut dilakukannya sesuai dengan apa adanya (sesuai kemampuan). Tipe ini biasanya selalu iri akan temennya, misalnya; iri terhadap nilai temennya yang tinggi, iri melihat temennya pandai berkomunikasi dalam berorganisasi maupaun secara akademik. Dalam bahasa sederhananya adalah ‘tobat sambel’, sebentar panas, sebentar redup.

Mahasiswa tipe 5   : Mahasiswa tipe ini adalah tipe mahasiswa yang ikut-ikutan kulian dan berorganisasi. Lebih kepada nilai hiburan dan tipe ini tidak suka membaca buku, membaca buku membuatnya menjadi pusing karena tidak mampu memahami isi dari buku tersebut. tipe ini juga tidak terlalu peduli dengan kuliah maupun berorganisasi, yang dipedulikannya adalah kepuasaanya akan apa yang dia lakukan, misalnya hiburan, pacaran, hura-hura, dan lain sebagainya.

Tipe yang kelima ini, bisa kita analogikan seperti anak SD; ketika anak SD berangkat sekolah, mahasiswa juga berangkat kuliah. Ketika anak SD pulang kerumah setelah selesai sekolah, mahasiswa juga pulang kekosnya. Ketika anak SD pergi bermain seletelah mengganti baju sekolahnya, mahasiswa juga pergi hura-hura tanpa mengganti bajunya.

Dari kelima tipe ini, tipe manakah anda sebagai seorang mahasiswa? Semoga saja yang membaca tulisan ini, khususnya yang masih menjadi mahasiswa terdapat pada tipe 1 dan 2.




Please...Share dong Sob, jika Sobat menyukainya :

0 komentar:

Posting Komentar

Hey…, sahabat-sahabat bloger, semoga sukses selalu dalam berkarya melalui tulisan… Jangan lupa meninggalkan jejak anda di blog saya ini. Terima kasih.

 

Popular Posts

Data Pengunjung

Putra NTB Menulis (BATUJAI)

Total Tayangan Halaman