Rss Feed Facebook Twitter Google Plus
Nikmatilah setiap detik anda membaca ARTIKEL, PUISI, HUMOR, CEPEN dan yang lainnya, semoga bermanfaat dan bisa menjadi motivasi anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Amin.

post:


Selasa, 24 Desember 2013

Sosok Dino Patti Djalal dan Gagasannya



Sumber Gambar; http://relawandino.com/category/page/biografi






Dr Dino Patti Djalal adalah Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, seorang penulis pidato, pemuda aktivis, akademisi, dan penulis best seller nasional.Dia sebelumnya merupakan Staf Khusus Urusan Internasional dan Juru Bicara Presiden untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono - posisi yang telah diselenggarakan sejak Oktober 2004, dan diperpanjang ketika SBY terpilih kembali oleh tanah longsor untuk masa jabatan kedua tahun 2009. Yang membuat Dr Dino Patti Djalal jurubicara Presiden terpanjang melayani dalam sejarah modern Indonesia.

Dr Dino Patti Djalal dilahirkan dalam sebuah keluarga diplomatik pada 10 September 1965 di Beograd,Yugoslavia, anak kedua dari 3. Bersaudara. Pengalaman lahir di negara yang tidak lagi ada (Yugoslavia) berfungsi untuk mengingatkan dia tentang pentingnya tertinggi mempertahankan persatuan nasional untuk multi-budaya Indonesia. Ayahnya, Profesor Hasjim Djalal, adalah Duta Besar Indonesia untuk Kanada dan Jerman, dan pakar internasional tentang hukum laut. Hasjim Djalal adalah tokoh kunci dalam "kepulauan konsep", inovasi hukum di wilayah laut yang secara dramatis - dan damai - dikalikan wilayah kedaulatan teritorial Indonesia.

Konsep kepulauan, ditolak dan ditentang oleh kekuatan maritim ketika diumumkan oleh Indonesia pada tahun 1957, sekarang merupakan bagian dari hukum internasional dan didukung sepenuhnya oleh Konvensi PBB tentang Hukum Laut. Sebagai pelajar, Dino Djalal sempat menjalani pendidikan Islam (Muhammadiyah SD dan SMP Al Azhar Tinggi) dan pendidikan Barat - ia lulus dari Maclean High School di Virginia pada tahun 1981 pada usia 15 tahun, dan kemudian memperoleh gelar Bachelor's Degree in Political Science dari Carleton University (Ottawa, Kanada) dan gelar Master in Political Science dari Simon Fraser University (British Columbia, Kanada). (http://relawandino.com)

Dalam pemikirannya tentang nasionalisme unggul bukan hanya sekedar slogan adalah semangat, etos hidup, karakter bangsa sekaligus sebagai ide untuk membuat indonesia menjadi raksasa asia. Merdeka, berdaulat saja tidak cukup bagi bangsa ini, namun lebih dari sekedar merdeka dan berdaulat pada abad ke-21 ini. Keunggulan harus kita dapatkan secara mutlak, baik dalam negeri maupun luar negeri, agar mata dunia tertuju pada kebesaran bangsa Indonesia.

Enam (6) poin utama yang diangkat oleh Dino Pati dalam bukunya tersebut adalah (1) Nasionalisme Unggul, (2) Internasionalisme, (3) Meritokrasi, (4) Regulasi Pintar, (5) Barisan Pemimpin yang Kompeten, dan (6) Pendidikan dan Inovasi, (http://relawandino.com). Salah satu kunci menurut Dino dalam nasionalisme unggul adalah meritokrasi, dimana memandang bahwa sistem dimana semua insane mempunyai hak dan peluang yang sama untuk bersaing dan maju sesuai kemampuannya masing-masing, terlepas dari status kesukuan, agama, ras, umur, gender dan kelas ekonomi. Agar hal tersebut bisa terwujud, perlu adanya kepribadian yang bermental sportif.



Setiap sosok pemimpin terlahir dengan karakter yang berbeda-beda, tangguh, jiwa sosial, pro-rakyat, pro-pendidikan, dan yang lainnya, merupakan bagian yang lahir dari proses perjalanan hidup yang dilalui, tidak semestea-merta melihat realita yang ada, dan langsung didapatkan tanpa sebab dan akibat. Oleh karena itu, memilih pemimpin, tidak hanya dari popularitas yang ada, namun pengalaman hidup yang pahit, perlu menjadi poin penting yang harus digali.

Saya sebagai generasi muda Indonesia, sosok pak Dino adalah sosok yang yang saya kagumi, apalagi ketika saya membaca kisahnya yang pahit, yang hampir sama dengan kisah hidup saya, adalah hal yang luar biasa bagi saya. Sosok pemimpin masa depan yang lahir dari kepahitan dalam berjuang untuk meraih masa depan yang cerah, hingga akhirnya terwujud dan menjadi duta besar Indonesia hingga dua periode.

Inilah sosok pemimpin masa depan yang bisa membawa Indonesia menuju perubahan yang lebih baik, tentunya perlu dukungan dari seluruh generasi muda Indonesia dalam upaya bersama-sama mewujudkan hal tersebut. Menurut saya; Indonesia memiliki ribuan calon pemimpin yang memiliki karakter nasionalisme yang tinggi, dan salah satunya adalah Bapak Dino Patti Djalal. Tidak hanya itu, sosok pak Dino yang adalah sosok pemikir yang hebat, dimana pemikiran beliau tertuang dalam karya yang luar biasa, dan bisa dinikmati oleh setiap pembaca, dan karya tersebut bisa menjadi salah satu acuan generasi muda Indonesia sebagai generasi penerus bangsa.

Dengan demikian, harapan kita semua, terlebih lagi harapan saya kepada Bapak Dino Patti Djalal bisa mewujudkan apa yang menjadi harapan setiap generasi bangsa Indonesia ini, dan saya yakin bahwa beliau pasti bisa dan mampu mewujudkan hal tersebut. Amin.
  




Please...Share dong Sob, jika Sobat menyukainya :

0 komentar:

Posting Komentar

Hey…, sahabat-sahabat bloger, semoga sukses selalu dalam berkarya melalui tulisan… Jangan lupa meninggalkan jejak anda di blog saya ini. Terima kasih.

 

Popular Posts

Data Pengunjung

Putra NTB Menulis (BATUJAI)

Total Tayangan Halaman