Rss Feed Facebook Twitter Google Plus
Nikmatilah setiap detik anda membaca ARTIKEL, PUISI, HUMOR, CEPEN dan yang lainnya, semoga bermanfaat dan bisa menjadi motivasi anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Amin.

post:


Kamis, 16 Januari 2014

Banjir melanda dan Meletusnya Gunung Sinabung


Sumber Gambar; www.lirboyo.net


Penderitaan rakyat indonesia memang tak pernah berakhir, mulai dari kelaparan, tidak punya rumah, tidak memiliki penghasilan, dan yang lainnya. bahkan hadirnya dua phenomena bencana alam saat ini semakin memperparah keadaaan masyarakat indonesia, banjir yang selalu menjadi tamu setiap tahun, dan meletusnya Gunung Sinabung.

BANJIR


Sumber Gambar; kabarsore.com 


Kehadiran hujan adalah sebuah karunia bagi beberapa desa yang ada di Indonesia, terutama desa-desa pelosok kota yang sebagian besar masyarakatnya memiliki profesi petani, namun tidak bagi warga ibu kota Jakarta, atau kota-kota besar lainnya, yang biasa terkena dampak besarnya curah hujan. Namun menurut saya; banjir tahun ini merupakan banjir terparah dari tahun-tahun sebelumnya.

Banjir mengepung wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, Senin pagi 13 Januari 2014. Air tak hanya menerjang jalanan dan memutuskan sejumlah jalur, tapi juga merendam berbagai perumahan. Aktivitas warga pun terganggu. Berikut berbagai perumahan yang terendam banjir sejak kemarin hingga pagi ini berdasarkan informasi Traffic Management Center Polda Metro Jaya: Perumahan Cimanggis Country Residence, Depok, Jawa Barat. Ratusan rumah di kawasan ini terendam dan warga diungsikan karena tanggul Kali Laya jebol akibat curah hujan tinggi. Perumahan Puri Kartika Baru, Ciledug, Tangerang, Banten, terendam banjir 1 meter atau setinggi pinggang orang dewasa. Warga mengungsi. Kompleks Perumahan Perdagangan, Ciledug, Tangerang, Banten, terendam banjir setinggi 40 cm.

Kompleks Ciledug Indah 2, Tangerang, Banten. Perumahan Pinang Griya Permai, Ciledug, Tangerang, Banten, terendam banjir setinggi lutut dan pinggang orang dewasa. Perumahan Wisma Tajur, Ciledug, Tangerang, Banten, terendam banjir setinggi 30-50 cm. Rusun Bidara Cina, Jakarta Timur, terendam banjir setinggi 50 cm atau setinggi lutut orang dewasa. Kompleks Kejaksaan Bekasi Selatan terendam banjir setinggi 70 cm. Perumnas 3 Bekasi Timur terendam banjir selutut orang dewasa. Perumnas 1 Bekasi Barat, terendam air setinggi betis dan paha orang dewasa. Villa Nusa Indah Jati Asih, Bekasi. Perumahan warga di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jakarta Timur, terendam banjir setinggi 1 meter. Sebanyak 500 lebih warga diungsikan. Kompleks Green Garden, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Kampung Baru V Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Perumahan Pinang Griya Permai. (Sumber; http://www.nahimunkar.com/banjir-melanda-jakarta-belasan-komplek-perumahan-terendam/)

Sumber Gambar; forum.kompas.com 

Banjir seolah-olah sudah biasa menghampiri dan menenggelamkan perumahan, sehingga selama ini, rencana penanggulangan banjir tidak pernah terjawab, bahkan kehadirannya sudah bisa dipastikan oleh warga yang terkena banjir. Apabila curah hujan tinggi (1-2 hari) maka sudah bisa dipastikan banjir akan datang. Akankah PEMILU indonesia 2014 akan menjawab permasalahan banjir yang ada? mudah-mudahan saja.



MELETUSNYA GUNUNG SINABUNG


Sumber Gambar; http://www.merdeka.com/


Selain banjir yang melanda, Pada tanggal 15 september, Gunung Sinabung memperlihatkan keperkasaannya, hingga masyarakat sekitar ketakutan bukan kepalang, dan pada akhirnya mereka harus mengungsi ditenda-tenda darurat yang disediakan oleh pemerintah setempat. meletusnya Gunung Sinabung juga merupakan bencana yang mengakibatkan masyarakat harus kembali merasakan penderitaan, mulai dari kerugian tanaman, sampai pada terisolasinya rumah warga karena jalan yang selama ini mereka lalui dengan aman dan nyaman, terputus oleh abu vulkanik dan lumpur.

Kini…, masyarakat hanya bisa termenung dan menyaksikan keganasan Gunung Sinabung yang telah membuat desa mereka terendam abu vulkanik dan lumpur yang cukup tebal. Rumah mereka yang indah dan bersih, kini harus di cet secara otomatis dan tanpa biaya oleh Gunung Sinabung. Namun, rumah mereka bukan semakin membaik melainkan semakin membahayakan. Banyak para pengungsi merana dan tidak bisa melakukan apa-apa, mereka berharap Gunung Sinabung normal kembali, agar mereka bisa memperbaiki rumah dan lahan mereka untuk bisa bertahan hidup.

Sumber Gambar; www.metrotvnews.com 


Dan kini, marilah kita semua berdo’a agar para korban banjir dan meletusnya Gunung Sinabung, masyarakat tetap sabar dan tabah menghadapi cobaan yang berat ini. Semoga mereka diberikan kekuatan dan keteguhan hati, serta pemerintah dengan segera membantu mereka agar tidak terlalu lama dan berat rasa penderitaan yang mereka alami.



Please...Share dong Sob, jika Sobat menyukainya :

0 komentar:

Posting Komentar

Hey…, sahabat-sahabat bloger, semoga sukses selalu dalam berkarya melalui tulisan… Jangan lupa meninggalkan jejak anda di blog saya ini. Terima kasih.

 

Popular Posts

Data Pengunjung

Putra NTB Menulis (BATUJAI)

Total Tayangan Halaman