Rss Feed Facebook Twitter Google Plus
Nikmatilah setiap detik anda membaca ARTIKEL, PUISI, HUMOR, CEPEN dan yang lainnya, semoga bermanfaat dan bisa menjadi motivasi anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Amin.

post:


Rabu, 15 Januari 2014

Orang TuaQ PahlawanQ






Dalam hidup ini, semua orang memiliki sosok yang disukai, entah dalam negeri maupun luar negeri. Namun, saya yakin bahwa sesungguhnya seorang anak atau generasi muda, sosok pemimpin sejatinya adalah bapaknya, termasuk saya. Bapak saya adalah seoarang bapak sejati yang tidak pernah memperlihatkan kemarahannya kepadasaya, adik-adik saya, dan kakak-kakak saya. Ketika ada masalah dalam keluarga, beliau lebih baik menghindar diri dan tersenyum sambil mengatakan ‘nanti kita bicarakan masalah ini setelah dalam keadaan tenang’, yang pada akhirnya permasalahan selesai dengan bahagia.

Semenjak kecil, saya dan saudara saya, tidak pernah merasakan pukulan dari tangan beliau, karena prinsip beliau adalah lebih baik mengatasi masalah dengan menghindar ketimbang harus menyelesaikannya dengan kekerasan, apalagi dengan cara memukul anak, sehingga tak ada satu pun dari kami yang berani melawan dan membantah apa yang dikatakan oleh beliau. Wibawanya sebagai seorang bapak begitu melekat tertanam pada diri kami, murah senyum dan sederhana adalah bagian kehidupannya dalam sehari-hari. Salah satu ajaran yang sampai saat ini melekat dalam diri saya adalah arti persahabatan, beliau mengatakan ‘jika kamu punya temen lima, maka harus bertambah menjadi enam atau tujuh. Jangan sampai berkurang, karena ketika sahabat berkurang maka keburukan itu sudah terjadin dalam diri kamu’.

Selain itu, kata-kata beliau yang selalu diucapkan adalah ‘mun endek te kadu ulum jek endekm mak tao bejari (bahasa sasak)’ artinya; ‘jika kepala tidak digunakan untuk berpikir (secara luas), maka jangan berharap untuk mendapatkan kesuksesan’. Sebuah kata-kata yang sederhana namun memiliki makna yang luas, dan hal tersebut saya rasa benar apa adanya. Pikiran adalah raja dalam diri kita, raja yang memerintahkan seluruh anggota badan untuk melakukan sesuatu sesuai dengan pikiran itu sendiri, contoh sederhana ketika perut lapar. Atau pun berpikirk dalam berbisnis maupun dalam menempuh dunia pendidikan, dan pelaksanannya adalah badan kita sendiri. Oleh karena itu, jika pikiran, kita biasakan hanya berpikir hura-hura saja, maka akan terlihat hasilnya dengan sendirinya, namun jika pikiran diajak untuk berusaha untuk mendapatkan kesuksesan, maka hasilnya juga akan terlihat dengan sendirinya.

Beda lagi dengan ibu saya, ibu yang pemarah namun marahnya bukan karena tidak sayang, melainkan untuk mengajarkan kami menjadi anak yang tegar dan tidak putus asa, mendidik penuh dengan ketegasan, dan tidak pernah mengajarkan kami menjadi anak yang sombong. Dan hal tersebut terbukti pada kakak-kakak saya yang begitu gigih dan tidak pernah putus asa dalam mencari nafkah bersama suaminya. Mereka sudah merasakan bagaimana arti pentingnya ajaran ibu yang keras dan penuh makna, walau kami sering mengartikannya bahwa ibu tidak memiliki kasih sayang kepada kami, namun hal tersebut hanyalah keegoisan kami yang tidak mengerti akan maksud dan tujuan beliau.

Dan kini…, kedua orang tua kami telah banyak memberikan inspirasi dalam hidup kami, terutama dalam mengenal dunia, cara hidup, serta bagaimana memaknai perjalanan hidup agar tidak menjadi sia-sia. Nasehat-nasehatnya akan terus kami bawa sebagai panduan hidup agar tak terjerumus kedalam hidup yang tak bermakna.

terima kasih wahai bapak dan ibu, terima kasih atas kasih sayang yang selama ini engkau berikan kepada kami, nasehat mu akan menjadi nasehat ku pada cucu-cucu mu kelak, agar mengenal sosok kakek dan neneknya yang begitu sederhana namun dapat memberikan kebahagiaan yang luar biasa.


Please...Share dong Sob, jika Sobat menyukainya :

0 komentar:

Posting Komentar

Hey…, sahabat-sahabat bloger, semoga sukses selalu dalam berkarya melalui tulisan… Jangan lupa meninggalkan jejak anda di blog saya ini. Terima kasih.

 

Popular Posts

Data Pengunjung

Putra NTB Menulis (BATUJAI)

Total Tayangan Halaman